Kamis, 27 Desember 2018. Mahkamah Agung Republik Indonesia mengadakan Refleksi Akhir Tahun sebagai media pembelajaran di tahun yang akan datang dengan tema “Menyongsong Tahun 2019, Menuju Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”. Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali di dampingi oleh Hakim Agung dan para Pejabat Tinggi MA lainnya. Melalui media streaming youtube, Pengadilan Agama Simalungun menyaksikan acara tersebut. Ketua Pengadilan Agama (PA) Simalungun Zainal Arifin,S.Ag, Wakil Ketua PA Simalungun Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H, Panitera PA Simalungun Ansor,SH bersama para hakim dan pegawai struktural dan fungsional beserta Honorer menyaksikan acara tersebut.

 REFLEKSI 1 REFLEKSI 2

Dalam pidato Ketua MA, Hatta Ali menyampaikan dalam setahun ini ada beberapa hakim yang terjaring OTT KPK dan telah ditindak lanjuti dengan menerbitkan Surat Keputusan Mahkamah Agung tentang pemberhentian sementara hakim hakim yang terjaring KPK itu. Ketua MA juga menyampaikan, banyak pula kemajuan di bidang penanganan perkara. Yaitu dalam masa mulai dari diresmikannya Mahkamah Agung tahun ini adalah jumlah terendah sisa perkara yaitu hanya sekitar 700 lebih perkara yang tersisa. Dalam refleksi ini juga, Ketua MA menerangkan tentang aplikasi SIKEP Versi 3.0.1 dan beberapa fitur tambahan yang dapat menambah efisiensi kerja para pegawai khususnya di Sub Bagian Kepegawaian. Diharapkan pembaharuan ini bisa membantu pegawai dalam kasus data, baik itu data pribadi maupun data kepegawaian yang dibutuhkan untuk kenaikan pangkat dan pada saat pensiun nantinya.

 

Dari acara refleksi ini, diharapkan Mahkamah Agung dan seluruh Badan Peradilan dibawahnya dapat bekerja lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Mengingat masih banyak yang perlu diperbaiki dalam bagian internal atau eksternal. Belum lagi menghadapi kemajuan zaman yang semakin pesat memaksa kita harus bekerja lebih keras lagi.

 

Jaya Terus Peradilan Indonesia...!!!

 

  • miharza.jpg