Galat
  • please, make sure that the ZT Counter plugin must be enabled

Senin (12/11), Menindaklanjuti surat Sekretaris Mahkamah Agung RI tanggal 8 Nopember 2018, tentang Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Ke – 73 Tahun 2018. Pengadilan Agama Simalungun menyelenggarakan upacara Hari Pahlawan ke-73 tahun 2018. Ketua PA Simalungun bapak Zainal Arifin, S.Ag. Sebagai pembina upacara dihadiri oleh seluruh hakim, pegawai dan pegawai kontrak.

Pahlawan1   Pahlawan2

10 Nopember adalah hari nasional yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari pahlawan nasional yang bukan hari libur namun peringati dengan menyelenggarakan upacara. Dengan tema “Semangat Pahlawan Di Dadaku”, Menteri Sosial Republik Indonesia mengamanatkan kepada seluruh rakyat Indonesia siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara. Pengadilan Agama Simalungun mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Ke-73 tahun 2018, pompa semangat pejuang untuk Indonesia yang lebih baik.

Simalungun, Jumat 9 November 2018. Darmayukti Karini cab. Simalungun mengadakan kegiatan senam Tobello serta rapat pembahasan ulang tahun Darmayukti Karini yang akan dilaksanakan akhir November 2018.

 DYK 1  DYK 2

Kegiatan senam dilakukan di halaman Pengadilan Agama Simalungun yang dipandu oleh Suwidia, SE (pegawai honorer PA Simalungun). Kegiatan ini selain bertujuan untuk menjaga kebugaran, kesehatan tubuh  juga untuk mempererat hubungan kekeluargaan  serta komunikasi Darmayukti Karini. Kegiatan senam tersebut dimulai dari pukul 08.00 – 09.00 WIB dan setelahnya dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama yang telah disediakan.

DYK 3

Selanjutnya pada pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan rapat pembahasan perayaan ulang tahun Darmayukti Karini dihadiri oleh Ketua Darmayukti Karini Cab Simalungun (Ny. Jon Sarman Saragih), wakil ketua (Ny. Zainal Arifin) serta anggota Darmayukti Karini Cab Simalungun. Acara berjalan lancar dan selesai pukul 11.00 WIB.

Simalungun, 9 November 2018. Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018, dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 9 November 2018 di Ruang Sidang I Pengadilan Agama Simalungun. Acara berlangsung mulai jam 14:00 s/d 16.00 WIB berjalan lancar. KPN (Koperasi Pegawai Negeri) PASTI Pengadilan Agama Simalungun menggelar rapat anggota tahunan [RAT] yang sengaja dipercepat karena semua pengurus koperasi Ketua (Syafru, S.HI.,M.Sy), sekretaris (Muhdiannur Khairat, SH) dan bendahara (Siti Aisyah, S.HI) mutasi, untuk itulah RAT harus digelar lebih awal demi mempermudah pertanggungjawaban pengurus serta kemajuan KPN PASTI PA Simalungun.

 Koperasi 1  Koperasi 2

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Simalungun Zainal Arifin, S.Ag, pengawas serta anggota KPN PASTI Pengadilan Agama Simalungun. Rangkaian acara  yaitu  pengesahan  Quorum rapat,  dilanjutkan laporan pengawas, laporan pertanggungjawaban pengurus,  tanggapan  dan saran,  usul anggota, dan pemilihan Ketua koperasi periode  2019-2021. Selesai acara inti, yaitu pembagian SHU, agenda dilanjutkan dengan pemilihan pengurus baru untuk menggantikan semua pengurus yang mutasi. Setelah dilakukan pemilihan pengurus baru, maka didapatlah susunan pengurus koperasi PASTI PA Simalungun yaitu ketua (Dasma Purba, MH), sekretaris (Nadra Khairunnisa, A.Md) dan bendahara (Lisna Sofianti, SH).

 

Koperasi 3  Koperasi 4

Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Simalungun selaku Pembina KPN PASTI dalam Amanah singkatnya mengatakan semoga saudara yang terpilih Ketua koperasi dalam melaksanakan amanah berjalan dengan baik dan semoga  KPN PASTI lebih maju  ke arah yang lebih baik.

Kunjungan1

Jum’at (2/11), Pengadilan Agama Simalungun menyambut tamu kunjungan dari Badan Peradilan Agama (BADILAG) Mahkamah Agung RI yaitu bapak H. Ucok Subarjo,S.H.,M.H, ibu Fitrika Arfaningrum dan Renni Aprilia Ningsih. Para tamu tiba pada pukul 18.00 WIB di kantor Pengadilan Agama Simalungun yang sebelumnya melakukan kunjungan yang sama ke Pengadilan Agama Kisaran. Dilanjutkan dengan makan malam kemudian menuju penginapan untuk beristirahat.

 Kunjungan1  Kunjungan3

Sesuai surat dari Dirjen BADILAG No. 283/Dja.I/10/2018 yang menugaskan para tim pengawas untuk memastikan kualitas dan kuantitas Pencetakan dan Pengiriman Register Perkara dan Akta Cerai Tahun 2018 di lingkungan peradilan agama MA RI. Tim segera melakukan tugas nya. Tepatnya pukul 08.00 WIB, Tim tiba di Kantor Pengadilan Agama Simalungun untuk melaksanakan tugas. dimulai dengan pengecekan nomor Akta Cerai yang di terima dengan lampiran yang terdapat dalam BAST. Tetapi terjadi kekeliruan di dalamnya. Sedikit bergeser nomor sekitar 50 nomor. Namun itu bukan kesalahan dari pihak MA RI ataupun PA Simalungun, tetapi merupakan kesalahan sistem dalam pencetakan BAST. Karena nomor suplai dari Badilag dan yang diterima PA Simalungun sama. Maka tidak perlu ada pengembalian lagi. Tim juga memberikan sedikit memberikan pembinaan dan pengarahan apabila ada kekurangan dalam buku register atau akta cerai, langsung saja mengirim surat ke Dirjen Badilag untuk meminta dikirimkan.

Kunjungan4

Setelah selesai mengecek data pengiriman Akta Cerai dan Register Perkara. Tim juga menyempatkan waktu untuk berkeliling melihat kondisi kantor dan halaman. Kemudian, tim undur diri untuk pamit pulang karena telah menyelesaikan tugasnya.

 Pemuda 1

Senin (29 Oktober 2018), Pagi yang cerah dengan terbitnya matahari di iringi suara kicauan burung-burung mengawali aktifitas di Pengadilan Agama Simalungun. Sekitar pukul 08.00 WIB, Ketua, Panitera, Sekretaris, Hakim dan seluruh pegawai baik struktural maupun fungsional beserta honorer Pengadilan Agama Simalungun melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 di halaman depan kantornya.

 Pemuda 2  Pemuda 3

Upacara berlangsung secara hikmat. Dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Simalungun yaitu bapak Zainal Arifin, S.Ag sebagai pembina upacara menambah semangat upacara bagi para hakim beserta pegawai. Dengan mengambil tema “BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA”, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia memberikan semangat baru bagi para pemuda di seluruh pelosok Indonesia untuk lebih semangat dalam pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mampu meningkatkan mutu taraf hidup di Indonesia berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dalam kerangka NKRI.

Akhirnya, kami para hakim dan para pegawai serta honorer mengucapkan SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA Ke-90. Semoga di tahun yang ke-90 ini, kita dapat bersama-sama dalam membangun pemuda untuk lebih maju di masa depan sehingga mengembalikan kejayaan Pemuda untuk generasi masa depan.

HIDUP PEMUDA INDONESIA !!!

  • Mertua-Bang-Muhdi.jpg