Jum’at (4/1), Telah lengkap Panitera Muda di Pengadilan Agama Simalungun. Jum’at minggu lalu, Ketua Pengadilan Agama Simalungun Zainal Arifin, S.Ag melantik Miharza, S.H., M.H sebagai Panmud Permohonan yang baru di mutasi dari Pengadilan Agama Stabat.

  

Dihadiri oleh para hakim, pegawai serta honorer Pengadilan Agama Simalungun. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Stabat Imaluddin,S.H., M.H bersama beberapa pegawai Pengadilan Agama Stabat yang turut hadir menyaksikan pelantikan ini. Dimana Miharza, S.H., M.H dulunya menjabat sebagai Panmud Permohonan di PA Stabat dan dihadiri juga oleh ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar dan beberapa pegawainya.

  

Di Aula Ruang Sidang I Pengadilan Agama Simalungun, para undangan menyaksikan Ketua PA Simalungun melantik Panmud Permohonan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor:  2203/DJA/KP.04.6/SK/XI/2018 tanggal 14 Nopember 2018. Dalam amanatnya, Ketua PA Simalungun memberikan ucapan selamat kepada pegawai yang baru dilantik semoga dapat bekerja sebaik mungkin untuk kemajuan Pengadilan Agama Simalungun dan peradilan Agama di Indonesia.

Kamis, 27 Desember 2018. Mahkamah Agung Republik Indonesia mengadakan Refleksi Akhir Tahun sebagai media pembelajaran di tahun yang akan datang dengan tema “Menyongsong Tahun 2019, Menuju Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”. Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali di dampingi oleh Hakim Agung dan para Pejabat Tinggi MA lainnya. Melalui media streaming youtube, Pengadilan Agama Simalungun menyaksikan acara tersebut. Ketua Pengadilan Agama (PA) Simalungun Zainal Arifin,S.Ag, Wakil Ketua PA Simalungun Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H, Panitera PA Simalungun Ansor,SH bersama para hakim dan pegawai struktural dan fungsional beserta Honorer menyaksikan acara tersebut.

 REFLEKSI 1 REFLEKSI 2

Dalam pidato Ketua MA, Hatta Ali menyampaikan dalam setahun ini ada beberapa hakim yang terjaring OTT KPK dan telah ditindak lanjuti dengan menerbitkan Surat Keputusan Mahkamah Agung tentang pemberhentian sementara hakim hakim yang terjaring KPK itu. Ketua MA juga menyampaikan, banyak pula kemajuan di bidang penanganan perkara. Yaitu dalam masa mulai dari diresmikannya Mahkamah Agung tahun ini adalah jumlah terendah sisa perkara yaitu hanya sekitar 700 lebih perkara yang tersisa. Dalam refleksi ini juga, Ketua MA menerangkan tentang aplikasi SIKEP Versi 3.0.1 dan beberapa fitur tambahan yang dapat menambah efisiensi kerja para pegawai khususnya di Sub Bagian Kepegawaian. Diharapkan pembaharuan ini bisa membantu pegawai dalam kasus data, baik itu data pribadi maupun data kepegawaian yang dibutuhkan untuk kenaikan pangkat dan pada saat pensiun nantinya.

 

Dari acara refleksi ini, diharapkan Mahkamah Agung dan seluruh Badan Peradilan dibawahnya dapat bekerja lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Mengingat masih banyak yang perlu diperbaiki dalam bagian internal atau eksternal. Belum lagi menghadapi kemajuan zaman yang semakin pesat memaksa kita harus bekerja lebih keras lagi.

 

Jaya Terus Peradilan Indonesia...!!!

 

Simalungun, 20 Desember 2018. Menjelang akhir tahun 2018 yang tinggal beberapa minggu lagi, Ketua Pengadilan Agama Simalungun Zainal Arifin, S.Ag beserta Wakil Ketua Dian Ingrasanti Lubis, MH mengajak seluruh pegawai PA Simalungun bertempat diruang sidang utama untuk membahas langkah-langkah yang akan dihadapi pada akhir tahun 2018. Rapat tersebut juga membahas kinerja serta program-program PA Simalungun secara menyeluruh, baik yang berkaitan dengan kepaniteraan maupun yang bersangkutan dengan kesekretariatan.

 RAKOR 1 RAKOR 2

Ketua PA Simalungun meminta kepada seluruh pegawai untuk terus meningkatkan kerja dan kinerja. Kepada Pejabat di bidang Kepaniteraan dan Kesektariatan segera menyiapkan dan menyelesaikan tugasnya sesuai bidang masing-masing terutama untuk kepentingan pembuatan laporan tahunan serta laporan lainnya.

Rapat koordinasi ditutup dengan harapan capaian yang sudah baik dilaksanakan pada tahun 2018 dapat dipertahankan dan capaian yang kinerja yang kurang baik agar dapat diperbaiki pada tahun berikutnya.

Jumat, 21 Desember 2018, bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Simalungun diadakan rapat pelaksanaan anggaran tahun 2019. Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Zainal Arifin, S.Ag tersebut diikuti oleh Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan Tim Pengelola Anggaran PA Simalungun.

  DIPA 1  DIPA 2

Pada kesempatan ini Kasubbag Perencanaan, TI & Pelaporan menyampaikan hal-hal penting dalam anggaran Pengadilan Agama Simalungun. Disampaikan bahwa secara umum pagu anggaran tahun 2019 yang diterima turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya terutama pada alokasi Belanja Barang dan Belanja Modal. Total anggaran yang diperoleh PA Simalungun adalah untuk program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya sebesar Rp. 2.146.149.000, program peningkatan sarana dan prasarana sebesar Rp. 13.000.000, sedangkan untuk program peningkatan manajemen peradilan agama sebesar Rp. 68.000.000,-.

Dalam arahannya Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Simalungun menyampaikan agar pelaksanaan anggaran antara Kesekretariatan dan Kepaniteraan selalu saling berkordinasi terutama yang berkaitan dengan pelayanan kepada para pihak, pembebasan biaya perkara dan penyelesaian perkara melalui sidang keliling. Dan sebagai salah satu wujud transparansi anggaran tahun 2019 agar segala progress pelaksanaan anggaran selalu dilaporkan kepada Ketua serta Wakil Ketua selaku pembina.

Simalungun, 20 Desember 2018. Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Simalungun dan dipimpin langsung oleh Ketua PA Simalungun Zainal Arifin, S.Ag seluruh pegawai ikut serta menyaksikan live streaming launching aplikasi SIKEP (Sistem Informasi Kepegawaian) versi 3.0.1. Nonton bareng ini diadakan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung No. 10 Tahun 2018 tanggal 18 Desember 2018, Tentang Peluncuran Integrasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Ke Dalam Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung Repubik Indonesia. 

 SIKEP 1  

Aplikasi SIKEP versi 3.0.1 resmi di launching oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H serta dihadiri juga oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam. Ketua Pengadilan Agama Simalungun sangat mengapresiasi aplikasi SIKEP versi terbaru karena pengelolaan pegawai dapat menjadi semakin mudah, cepat, efisien, dan efektif.

  • miharza.jpg